E-PUPNS Pendaftaran Ulang PNS : Tujuan dan Tahapan Serta Pedoman

Tags

>> Tujuan E-PUPNS Pendaftaran Ulang PNS 

BKN atau Badan Kepegawaian Negara telah merilis pendaftaran atau pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil baik Kementrian maupun PNS Daerah yang bertugas di luar maupun di dalam Negeri, semuanya berkewajiban untuk melakukan pendaftaran ulang melalui pupns.bkn.go.id. Hal ini bertujuan agar menertibkan dan memverifikasi ulang data PNS di seluruh indonesia. 

Badan Kepegawaian Negara/ BKN menerangkan bahwa dalam rangka menertibkan kembali sistem informasi pegawai secara online akan berpengaruh positif terhadap data yang real dan konfrehensif. Hal ini di barengi dengan di keluarkannya pedoman pendaftaran e-pupns dengan tujuan agar Aparatur Sipil Negara dapat melakukan verifikasi data kepegawaian yang terarah valid dan sesuai dengan kenyataan data pegawai bersangkutan. 

Pendaftaran ulang ini di lakukan secara online atau elektronik dan bagi Aparatur Sipil Negara atau ASN tidak melakukan pendaftaran atau tidak mengindahkan untuk melakukan pendaftaran ulang, maka bersangkutan di anggap telah mengundurkan diri.

SAHUPALA Share

Dilihat dari sisi perlunya pendataan ulang pegawai, maka BKN selaku penyelenggara Manajemen Aparatur Sipil Negara dengan menomorsatukan kaedah operasional prosedur pendataan Sistem Informasi yang terstruktur dan berbasis elektronik maka sudah dianggap sejalan dengan terealisasinya pengamalan Pasal 47 dan Pasal 48 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2O14, aturan ini terkait Aparatur Sipil Negara tentang bagaimana melakukan manajemen pengelolaan Sistem Informasi yang handal dan akurat. 

>> Tahapan E-PUPNS Pendaftaran Ulang PNS 

PUPNS (Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil) Tahun 2015 diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan beberapa tahapan antara lain :
  • Tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, 
  • Validasi Data oleh Instansi Pusat atau Daerah
  • Verifikasi Data oleh Instansi Pusat atau Daerah

Dilansir dari situs BKN penyampaian oleh Humas BKN, Setelah program Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik (e-PUPNS) resmi diluncurkannya pada tanggal 1 September 2015 lalu, tercatat sebanyak 1,069,016 PNS telah sukses mendaftar.

>> Pedoman E-PUPNS Pendaftaran Ulang PNS 

Lebih rinci di jelaskan pada Perka BKN Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang PNS yang bisa anda kunjungi disini. Atau dengan mendownloadnya pada link di bawah ini :

Download Pedoman E-PUPNS 2015

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon