Booy Negeri Unik di Kecamatan Saparua Tanpa Jalan Aspal

Kontenklik.com, Kecamatan Saparua - Negeri atau Desa Booy adalah salah satu Negeri yang terletak di ujung barat Kecamatan Saparua. Di era pembangunan saat ini, hampir sebahagian besar perkampungan atau wilayah perdesaan di Kecamatan Saparua, telah tersentuh oleh program peningkatan infrastruktur yang digalakkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah. Namun tahukah anda bahwa Negeri Booy tidak seperti layaknya negeri-negeri yang berada di Kecamatan Saparua, hal ini bukan karena Negeri Booy tidak tersentuh oleh pembangunan. Lokasi negeri Booy yang berada di wilayah pegunungan membuat kampung ini boleh dibilang sebagai negeri yang unik, dari awal pembangunan jalan di wilayah negeri Booy sudah dibangun sejak awal dengan menggunakan jalan dari semen. Negeri Booy memang tidak memiliki jalan aspal melainkan hanya ada jalan dari semen.

Booy Negeri Unik di Kecamatan Saparua Tanpa Jalan Aspal
Booy Negeri Unik di Kecamatan Saparua Tanpa Jalan Aspal

Saat memasuki negeri booi Jalan aspal hanya berada pada jalan utama hingga berakhir di gapura/ gerbang, untuk memasuki kampung booy, yang membuat kampung Booy ini dikatakan unik dikarnakan lokasinya perkampungan yang berada tepat di dataran tinggi. Menurut penjelasan salah satu warga negeri Booy yang sempat kami temui bernama Jhoni, iya mengatakan negeri kami untuk pembangunan jalan aspal sih bisa saja, namun negeri kami terlihat lebih unik dengan jalan yang seperti ini, dan jalanan kami menggunakan semen sudah dari dulu.

Booy Negeri Unik di Kecamatan Saparua Tanpa Jalan Aspal
Booy Negeri Unik di Kecamatan Saparua Tanpa Jalan Aspal

"Mungkin dulunya sulit untuk membuat jalan di negeri kami, selain negeri dengan struktur tanah bebatuan, negeri kami juga berada di tebing atau dataran tinggi pulau Booy, jadi untuk membangun jalan memang agak sulit di zaman itu. Negeri kami juga tampak mewah, sekalipun tidak memeiliki jalan aspal dan semua kompleks terhubung dengan lorong dari semen dengan campuran yang kuat" Tutur Jhoni. Baca Juga : 240 Anak Tangga Gunung Saniri Saparua dan Sejarah Lokasi Pertemuan Para Raja. Dataran tinggi juga memaksakan warga untuk membuat lorong dengan anak tangga di setiap turunannya, jalan di negeri kami kaya akan manfaat, contohnya dari segi kesehatan hitung-hitung sekalian warga negeri Booy bisa sambil berolahraga saat menjalankan aktivitas keseharian mereka, dengan melewati jalanan kampung deng anak tangga yang lumayan bnyak, bapak bisa lihat sendiri kan org di negeri kami sehat-sehat semua" Tambah Jhoni sambil sesekali tersenyum.

Facebook Google+ Twitter