#7 Tips Cerdas Agar Tidak Tertipu Belanja Online (Online Shopping)

#7 Tips Cerdas Agar Tidak Tertipu Belanja Online (Online Shopping), Kontenklik.com - Zaman memang sudah berubah, tren berbelanja online sudah sangat diminati semua kalangan. Selain lebih menghemat waktu, kita bisa sambil duduk santai dirumah sembari melakukan aktifitas berbelanja barang apa saja sesuka kita, dengan hanya menggunakan gadget. Kemudahan berbelanja online, membuat kita tidak perlu repot untuk menyambangi pusat perbelanjaan satu demi satu. Belanja online selain mudah, juga terdapat banyak pilihan produk dan ragam harga yang dengan mudah kita dapat melakukan perbandingan.

#7 Tips Cerdas Agar Tidak Tertipu Belanja Online (Online Shopping)
#7 Tips Cerdas Agar Tidak Tertipu Belanja Online (Online Shopping)

Keterbukaan informasi, dan banyaknya media informasi resmi yang sudah menayangkan ragam toko-toko online terpercaya yang dapat kita jadikan rujukan. Hal ini sedikit banyak dapat meminimalisir terjadinya penipuan di dunia maya. Namun ada saja segelintir orang yang bisa tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam mengelabui konsumen yang menggunakan fasilitas belanja online.

Baca Juga : 3 Cara Agar Mengetahui Nomor Rekening Tabungan Bank Jika Anda Lupa

Nah, agar anda tidak tergolong segelintir orang yang kena tipu muslihat para penipu ulung dalam dunia online, berikut ini adalah tips paling jitu untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan anda dalam melakukan transaksi jual beli secara online.

1. Belanja online pada situs-situs (Online Shopping) Terpercaya


Seperti penjelasan saya di atas, bagaimana caranya agar kita tidak tertipu berbelanja Online?. Yuk belanjalah pada situs terpercaya. Yang menjadi masalah sekarang, bagaimana cara mengetahui bahwa situs belanja Online yang kita kunjungi itu dapat dipercaya. Sebelum berbelanja online kiranya anda patut untuk mengumpulkan berbagai informasi akurat mengenai kejelasan dari situs belanja online yang ingin anda lakukan transaksi jual beli.

Untuk mengurangi resiko kena tipu belanja online, saya menyarankan agar baiknya anda mengamati situs-situs atau toko online yang sudah sering anda simak di media informasi seperti televisi, media masa dan media informasi lainnya. Banyak situs belanja online yang sudah diakui sering muncul di layar televisi anda. Beberapa situs besar yang terpercaya misalanya : Blibli.com, tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Telusuri testimoni konsumen


Testimoni merupakan faktor terpenting yang wajib ditelusuri untuk memperkuat anda melakukan transaksi, testimoni bisa kita dapatkan dari teman, kerabat, atau orang yang pernah merasakan manfaat dari berbelanja pada toko online. Selainitu anda bisa mempelajari dan mengumpulkan informasi dengan melihat testimoni pada situs belanja online yang memang anda targetkan untuk berbelanja di situs tersebut.

3. Memastikan alamat atau lokasi toko online sebelum berbelanja


Anda bisa mengetahui alamat kantor toko online dengan cara mengunjungi halaman tentang kami pada web toko online yang ingin anda lakukan transaksi belanja pada toko tersebut, kemuadian cek kebenaran lokasi kantor dari toko online tersebut dari teman atau saudara yang berdekatan dengan lokasi kantor toko online yang ingin anda belanja online.

4. Cari situs yang menjual produk bergaransi uang kembali


Untuk situs-situs belanja online besar atau terpercaya pasti menawarkan keamanan berbelanja online dengan produknya yang bergaransi. Misalnya jika barang yang kita dapatkan rusak bisa dikembalikan, atau tidak sesuai dengan pesanan kita maka kita dapat mengembalikan dan menukarkan dengan barang yang lain, yang sesuai dengan pesanan kita.

5. Mengetahui nomor kontak


Pastikan bahwa online shopping yang anda kunjungi benar-benar dapat dihubungi dan memiliki kontak person perusahaan maupun pribadi si penjual.

6. Metode Pembayaran


Banyak sekali online shopping yang menawarkan metode pembayaran beragam, mulai dari transfer rekening, kartu kredit dan bahkan ada yang menggunakan metode pembayaran ditempat. jika anda memilih aman, pilihlah metode pembayaran yang benar-benar jauh dari resiko penipuan.

7. Mempelajari Kebijakan Privasi 


Mempelajari kebijakan privasi dari Online Shopping, agar kita tidak terkecoh. Pelajari tata cara pembayaran, pengembalian produk, cara pembelian hingga kebijakan-kebijakan lain dari Online Shopping yang anda kunjungi. Pelajari dengan baik dan teliti agar proses belanja yang anda lakukan tidak merugikan anda.

Artikel Terkait

1 komentar so far

terimakasih , karena artikel ini saya jadi waspada bertransaksi online


EmoticonEmoticon