"HUT RI 72" Merdeka Adalah Menyatu Dalam Perbedaan

Kontenklik.com, "HUT RI 72" Merdeka Adalah Menyatu Dalam Perbedaan - Esensi Peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah ketika masyarakat Indonesia telah menyatu dalam perbedaan. Bangsa Indonesia adalah negara luas dari Sabang hingga Maroeke. Indonesia tidak hanya ada satu etnik, satu agama, satu adat, satu bahasa, dan satu suku. Keberagaman Indonesia adalah perbedaan yang luntur dan membaur menjadi satu kesatuan bangsa Indonesia.


 "HUT RI 72" Merdeka Adalah Menyatu Dalam Perbedaan
"HUT RI 72" Merdeka Adalah Menyatu Dalam Perbedaan 

Leluhur bangsa Indonesia dalam mempertahankan kesatuan dan persatuan dalam meraih kemerdekaan, mereka bekerja sama tanpa memandang suku, agama, bahasa dan perbedaan lainnya. Prinsip Satu Nusa satu Bangsa dan Satu Bahasa adalah representasi dari penyatuan keberagaman masyarakat Indonesia kala itu.

Namun Dunia dan Indonesia pada khususnya, telah memasuki era baru tanpa sekat. Marak dan menjamurnya media sosial, dan media pemberitaan online, membuat leluasa oknum-oknum yang ingin memecah belah bangsa, dan ini sangat mudah untuk merenggangkan keharmonisan kita, dalam bingkai persatuan. Penggunaan media sosial dan media online yang mudah menyebarkan fitnah, memaksakan kita untuk lebih jeli dan selektif dalam hal penalaran berita dan informasi. Sudah banyak perpecahan yang terjadi karna imbas dari pemberitaan yang jauh dari kebenaran.

Baca Juga : Logo HUT RI 17 Agustus Ke 72 CorelDraw

Disinilah kiranya Intelektual dan penalaran berita, yang seharusnya menjadi dasar utama untuk membentengi kesatuan kita sebagai bangsa yang satu. Kita seharusnya sadar bahwa Indonesia sejak kemerdekaan adalah negara dengan kedamaian dan prularisme, rakyat Indonesia yang prular dalam kesatuan.

Leluhur kita aman bergandengan tangan dan berdampingan dengan perbedaan masyrakat indonesia, ketidaknyamanan mereka hanyalah ketika berhadapan dengan penjajah. Era baru telah jauh berbeda, apakah kenyamanan kita harus terusik karena perbedaan kita dengan saudara sebangsa kita.

Baca Juga : Saku Celana Jadi Tong Sampah

Marilah sejenak merenungi persatuan bangsa, tunduk dan mengenang jasa para leluhur kita. Tidak ada cara lain untuk menghargai perjuangan mereka, selain kita bergandengan tangan dalam bingkai pancasila. Jangan mengecewakan mereka, jangan mengecewakan para pahlawan bangsa.

Dirgahayu Republik Indonesia, Jayalah Indonesia, Jayalah Bangsaku, Bangsamu Bangsa Kita Semua. MERDEKA.....

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon