Filsafat (Arti, Makna, Ciri Berfikir) Dari 2 Segi

1. Segi Sematik (Pengertian Makna Filsafat)


Menurut analisa Al Farabi bahwa perkataan filsafat atau falsafah berasal dari bahasa yunani yang termasuk digunakan sebagai bahasa arab yakni Philosophia yang berarti philos (Cinta, Suka, Senang) dan Shopia (Pengetahuan, Hikmah) dan dapat disimpulkan bahwa filsafat yang berarti Cinta Kepada Kebenaran. Menurut Cicero penulis Romawi, bahwa orang pertama menggunakan kata filsafat adalah Phitagoras, Sebagai reaksi terhadap orang cendikiawan padanya.
Filsafat (Arti, Makna, Ciri Berfikir) Dari 2 Segi
Filsafat (Arti, Makna, Ciri Berfikir) Dari 2 Segi
Ia mengatakan bahwa pengetahuan dalam arti lengkap tidak sesuai dengan untuk manusia. Tiap orang mengalami kesukaran dalam memperolehnya, bahkan untuk itu perlu menghabiskan umurnya, namun tidak dapat mencapainya, jadi ilmu pengetahuan adalah perkara yang diambil dan dicari dan diambil sebagiannya oleh karena itu kita bukan ahli pengetahuan tetapi pencari dan pecinta pengetahuan yakni filsafat.

Baca Juga : Filsafat adalah? Pengertian Menurut Para Ahli

Dari masa-kemasa istilah ini berubah dan mengalami perubahan yaitu : Cinta pengetahuan menjadi hikmah, pecinta pengetahuan menjadi ahli pengetahuan atau hakim.

Asal kata hikmah adalah tali kendali untuk kuda dalam mengekang kenakalannya. Dari sini dapat diambil kata hikmah dalam arti pengetahuan atau kebijaksanaan kerena hikmah ini menghalangi manusia untuk berbuat rendah, hikmah adalah perkara yang tinggi yang dapat dicapai oleh manusia dengan alat tertentu yaitu akal dan metode berfikir.

Baca Juga : Apa Itu Teori Penelitian Deskriptif? Pengertian dan Jenisnya

2. Segi Praktis (Pengertian Makna Filsafat)


Filsafat berarti alam fikiran atau alam berfikir, berfilsafat artinya berfikir namun tidak semua berfikir itu filsafa. Menurut Sondank P. Siagaan, berfilsafat adalah berusaha mengetahui tentang sesuatu yang dengan sedalamnya baik mengenai fungsi, sesuatu itu, ciri, kegunaan, dan masalah serta cara pemecahanya

3. 6 Ciri Berfikir Filsafat dan Penjelasannya


Adapun ciri berfikir filsafat antara lain :

1. Radikal, Memikirkan Sesuatu itu sanpai akarnya
2. Reflektif, Reflektif melalui perenungan yang dalam
3. Berpandangan jauh kedepan
4. Sistematis dan Logis cara kerja dan berfikirnya
5. Rasional yaitu menggunakan akal sehat atau rasio
6. Universal yaitu persoalan yang akan dibahas bersifat umum dan tidak spesifik

Jika anda ingin menjadi pemikir atau mempelajari ilmu filsafat maka anda harus mengetahui dan melihat kecakapan diri anda. Apakah anda telah memiliki ciri pemikiran sesuai Ciri Berfikir filsafat yang ada di atas. Silahkan dianalisa.

Facebook Google+ Twitter