Tips Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Karyawan Dalam Bekerja

Tips Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Karyawan Dalam Bekerja, Kontenklik - Semua manusia membutuhkan pekerjaan, pekerjaan dibutuhkan dengan tujuan agar kita dapat melangsungkan hidup, membiayai hidup sanak saudara kita sehari- hari. Bekerja dengan baik maka dengan sendirinya kita akan mendapatkan balasan yang setimpal, balasan atas kinerja bisa berupa tunjangan dari pekerjaan yang kita geluti, bahkan tawaran jabatan, pujian dari pimpinan dan rekan kerja. Kontribusi kinerja terbaik kita tentunya akan dibalas berupa reward, jika kita menyeselesaikan pekerjaan tepat waktu dan sesuai target.

Tips Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Karyawan Dalam Bekerja
Tips Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Karyawan Dalam Bekerja 
Dari hasil pekerjaan yang kita tekuni dengan baik, itulah yang merupakan implikasi dari rasa tanggung jawab. Namun tak banyak dari kita, karena adanya faktor tertentu, kesadaran akan tanggung jawab yang diamanatkan, seringkali kendor, sehingga dapat mengakibatkan penilaian buruk pada reputasi kinerja kita tentunya.

Baca Juga : Apa Itu Kinerja? Pengertian dan Defenisi Menurut Para Ahli

Sebagai pimpinan kita haruslah jeli dalam menilai kelemahan karyawan dan mencari solusi yang tepat dan handal dalam upaya menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam lingkungan kerja. Apalagi yang berkaitan dengan rasa tanggung jawab karyawan, dalam melaksanakan pekerjaannya. Jika karyawan tidak memiliki rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang telah ditugaskan dan diembaninya, maka mau tidak mau pekerjaan kantoran anda akan terbengkalai. Secara langsung juga akan berdampak pada melorotnya kinerja lembaga atau perusahaan tersebut.

Nah untuk meningkatkan rasa tanggung jawab karyawan dalam bekerja maka berikut ini adalah tips sederhana yang dapat anda terapkan untuk pegawai/staf/karyawan anda, agar dapat meningkatkan kwalitas kerja mereka :

1. Membuat dan Membagikan Uraian Tugas (job description) Untuk Tiap Karyawan atau Pegawai


Uraian tugas merupakan jantung dari sebuh organisasi atau lembaga, sebagai pemimpin kita harus jeli memetakan tugas sesuai jabatan yang diembani karyawan atau pegawai. Adakalanya kariyawan tidak mengetahui atau acuh tak acuh jika tidak diberikan tugas oleh pimpinan. Dalam hal pemberian uraian tugas maka tiap karyawan atau pegawai telah mengetahui dengan jelas apa yang harus dia kerjakan selama di kantor atau perusahaan.

Untuk memberikan uraian tugas, pimpinan juga harus melihat dan menganalisis kemampuan dan bisang ilmu dari karyawan, agar nantinya karyawan atau pegawai yang diserahi tugas dapat bekerja sesuai disiplin ilmu yang ia miliki.

2. Rutin Melakukan Evaluasi Kinerja dari Uraian Tugas (job description) Karyawan


Setelah membagikan uraian tugas (memberikan tugas) kepada karyawan atau pegawai, langkah selanjutnya adalah rutin melakukan evaluasi. Evaluasi ini bertujuan agar pimpinan dapat mengetahui, sejauhmana realisasi dari tugas-tugas yang telah diberikan kepada karyawan atau pegawai. Menilai kinerja pegawai juga dapat dilihat jika pimpinan melakukan evaluasi, jika evaluasi tiap saat dilakukan maka dengan sendirinya pimpinan dapat mengukur sejauh mana dan siapa sajakah karyawan atau pegawai yang memang memiliki rasa tanggung jawab, dan yang berkwalitas untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan.

Faktor - faktor pendukung evaluasi yang dapat dilakukan yaitu :
1. Rapat evaluasi rutin bulanan
2. Rapat evaluasi akhir tahun
3. Rapat evaluasi semester
4. dll

Keempat faktor diatas sebagai media untuk mendukung penyelenggaraan evaluasi terhadap tanggung jawab karyawan atau pegawai.

3. Memberikan Bonus (reward) Kepada Karyawan atau pegawai yang Menyelesaiakn pekerjaannya tepat waktu atau sesuai target.


Nah setelah menjalankan ke dua point diatas langkah selanjutnya adalah membelikan bonus / reward kepada karyawan atau pegawai, yang memang memiliki dedikasi dan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam penyelesaian pekerjaannya. Bonus selain meningkatkan semangat bekerja karyawan atau pegawai, juga dapat menjadi rangsangan kompetisi bagi karyawan lainnya untuk berbondong - bondong meningkatkan kinerjanya dalam bekerja.

Baca Juga : Apa Itu Insentif? Pengertian atau Defenisi Menurut Para Ahli

Demikian tiga Tips Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Karyawan Dalam Bekerja, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon